7 Mitos Yang Diyakini Bisa Ngebatalin Puasa. Kalian Juga Pasti Pernah Percaya Sama Mitos Ini

0
45

Marhaban Ya Ramadan!

Di bulan suci Ramadhan, seluruh umat Islam menunaikan ibadah puasa. Selama puasa, umat islam diharuskan menahan makan dan minum antara matahari terbit hingga terbenam.

Ngomongin soal puasa, waktu pertama kali belajar puasa kira-kira kalian masih inget gak apa aja yang bisa ngebatalin puasa kalian. Ada beberapa penyebab yang katanya kalau di lakuin bisa ngebatalin puasa. Waktu masih kecil sering banget denger “Jangan nangis, nanti puasanya batal”. Masih banyak penyebab lain yang dipercaya bisa ngebatalin puasa, padahal enggak semuanya benar lho

Berikut ini beberapa mitos yang diyakini bisa bikin puasa kalian batal.

7 Mitos Yang Diyakini Bisa Ngebatalin Puasa

1. Jangan Gosok Gigi Kalau Masih Puasa

Sikat Gigi Membatalkan Puasa atau Tidak?
Sikat Gigi Membatalkan Puasa atau Tidak?

Mitos yang serba salah sih, nggak gosok gigi bau dan mau gosok gigi takut batal. Di antara kalian pasti ada yang masih beranggapan kalau gosok gigi di siang hari atau masih puasa bisa bikin batal puasa. Kira-kira gosok gigi saat puasa batal atau tidak ya? Gosok gigi gak ngebatalin puasa dan gak dosa, cuma hukumnya makruh ya.

Tapi perlu diingat nih, ketika menggosok gigi saat masih berpuasa harus hati-hati ya. Jangan sampai airnya tertelan, nah itu sebenarnya yang bisa ngebatalin puasa kalian.

2. Jangan Ngebohong

Berbohong Ketika Puasa
Berbohong Ketika Puasa

Jangan bohong luh kalo lagi puasa, nanti puasanya batal. Memang bohong adalah perbuatan dosa, tapi nggak ngebatalin puasa. Berbohong ketika puasa akan mengurangi pahala puasa kalian. Gak mau kan capek-capek puasa tapi enggak dapet pahala?

3. Ngupil

Ngupil Saat Puasa
Ngupil Saat Puasa

Isi hidung udah penuh nih, boleh enggak sih kalo ngupil? Ngupil-ngupil aja. Ngebersihin hidung gak apa-apa ya dan gak ngebatalin puasa kalian, cuma ngupil ketika puasa hukumnya makruh. Ngupil yang bisa ngebatalin puasa itu kalau ngupilnya terlalu dalam. Kalau lagi ngupil biasanya kan suka enggak sadar gitu, tiba-tiba jari masuk terlalu dalam.

4. Menangis

Menangis Saat Puasa
Menangis Saat Puasa

Yang satu ini sering banget jadi perbincangan. Katanya kalau menangis saat puasa maka puasanya batal. Waktu kecil sering banget tuh ledek-ledekan sampe nangis.

Sebenarnya kalau menangis karena sholat atau ketika teringat dosa-dosa, itu sih tidak apa-apa malah sangat dianjurkan sekali. Tapi sebaliknya nih, kalo nangis karena hal-hal yang enggak masuk di akal dan hal-hal yang kurang baik, sebaiknya dihindari deh.

5. Donor Darah

Donor Darah Saat Puasa
Donor Darah Saat Puasa

Donor darah ketika puasa nggak akan ngebatalin puasa kalian. Hanya saja hukumnya makruh. Tapi kalau sedang dalam keadaan darurat, misalnya menolong seseorang di mana kalau dia tidak mendapatkan darah sehingga kondisinya akan semakin buruk, maka jauh lebih baik untuk dikerjakan.

6. Berkumur saat Puasa

Berkumur Saat Puasa
Berkumur Saat Puasa

Berkumur-kumur untuk kepentingan berwudhu enggak ngebatalin puasa kalian, asal jangan sampai airnya tertelan ya. Apalagi kalau pakai air es buah, udah jelas banget puasa kalian bakal batal hehehe.

7. Ngebersihin Telinga

Membersihkan Telinga Saat Puasa
Membersihkan Telinga Saat Puasa

Kalian pasti pernah denger kan mitos tentang ngebersihin telinga bisa ngebatalin puasa? Ngebersihin telinga sama sekali enggak ngebatalin puasa kalian ya. Yang bisa ngebatalin puasa itu kalau ngebersihinnya sambil minum es kelapa hehehe.

 

APA PENDAPATMU TENTANG ARTIKEL INI?