Danau Siombak, Bekas Galian Tanah yang Sekarang Menjadi Tempat Wisata Favorit

0
79
Danau siombak medan belawan
Danau siombak medan belawan – Image: Flickr.com/ @Chandra_hong

Waktu berlibur akan tiba, tentunya kamu sudah mencari tahu mengenai objek wisata yang ingin dikunjungi saat berlibur. Namun jika kondisi keuangan yang sedang menipis, tentunya mencari cari liburan yang murah meriah namun tetap menyenangkan, bukan? Jika kondisinya seperti itu, mengapa kunjungi saja tempat wisata Danau Siombak yang berada di Kota Medan. Salah satu tempat wisata di medan yang satu ini cukup seru dan menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Wisata Danau Siombak

Sebenarnya Danau Siombak medan ini merupakan danau buatan dengan luas mencapai 40 hektar dengan kedalaman mencapai 12 meter. Danau ini terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan. Uniknya danau ini berada di antara dua sungai yaitu Sungai Air terjun dan Sungai Deli. Air di danau ini cukup jernih berwarna kehijaun karena adanya lumut dan ganggang yang tumbuh di dasar danau ini. Namun meskipun begitu, danau di tempat ini tidak berbau sama sekali.

Danau ini memang sangat ramai saat weekend ataupun masa masa liburan. Meskipun jarang dikunjungi wisatawan asing, namun masyarakat lokal setempat menjadikan danau siombak medan belawan ini sebagai tempat favorit menghabiskan akhir pekan. Di tempat wisata di indonesia yang satu ini kamu bisa bersantai menikmati pemandangan sambil memancing. Bahkan kamu juga bisa langsung menyantap hasil pancinganmu di kawasan danau ini. Wisata ini terbilang murah meriah karena hanya dikenakan biaya sekitar 2000 ribu rupiah saja untuk tiket masuk. Bagi kamu yang membawa anak anak, danau ini juga menyediakan fasilitas untuk tempat bermain anak anak yang aman seperti mandi bola, kolam mini, dan lainnya. Sehingga cocok bagi yang ingin berlibur bersama keluarga.

Baca: Yuk Bertualang Menembus Waktu di Kota Tua Banten Lama

Fasilitas Danau Siombak

Untuk fasilitas di tempat ini, kamu akan menemukan berbagai macam penjual makanan serta asesoris cantik yang bisa dijadikan sebagai cendera mata. Harga makanan dan minuman di sini memang sedikit mahal, namun kamu masih bisa menawarnya. Di tempat ini juga tersedia fasilitas sampan atau perahu yang bisa kamu sewa untuk mengelilingi serta melihat keindahan danau dari dekat. Untuk biayanya hanya dikenakan 15.000/orang. Atau jika ingin mencoba menaiki speedboat, kamu bisa mencobanya dengan harga 35.000/orang saja. Cukup murah, bukan?

Rute ke Danau Siombak

Adapun untuk lokasi danau siombak ini berada di Kelurahan Paya Pasir, Kec. Medan Marelan. Untuk akses menuju tempat ini sebenarnya tak terlalu sulit. Kamu cukup mengikuti Jalan Marelan Raya hingga terus melewati Pajak Marelan. Dari sana kamu akan menemukan Gapura Museum Kota Cina. Tak jauh dari tempat tersebut, akan ada gapura yang bertuliskan “Selamat Datang Di Danau Siombak”. Namun ketika memasuki gapura tersebut, ada dua cabang, jika ingin mengunjungi Danau Siombak maka bisa mengikuti Jalan Nippon hingga ujung dan akhirnya akan berjumpa dengan Danau Siombak. Mulai dari transportasi pribadi seperti motor dan mobil mudah melewati danau tersebut.

 

Tempat wisata danau siombak sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin berlibur murah meriah namun tetap menyenangkan dan seru. Pada saat hari libur, danau ini cukup ramai dikunjungi oleh banyak orang. Sehingga jika ingin menikmati suasana danau yang lebih damai, sebaiknya hindari weekend atau hari hari libur.

APA PENDAPATMU TENTANG ARTIKEL INI?