Sulit Membagi Waktu? Ayo Belajar Time Management di Masjid Agung Banten

0
327
Gambar Masjid Agung Banten
Gambar Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten – Sulit membagi waktu menjadi problem sebagian masyarakat di zaman sekarang. Rasanya punya 24 jam dalam sehari masih saja kurang. Seakan waktu yang kita miliki tak pernah cukup dan kita selalu merasa sibuk. Lama-lama kita bisa stres dan hal itu memberi pengaruh negatif pada apa yang kita kerjakan. Duh, jangan sampai deh!

Kalau kamu punya problem dalam membagi waktu, sepertinya kamu perlu berkunjung ke lokasi wisata religi yang satu ini. Masjid Agung Serang Banten adalah sebuah masjid bersejarah di kawasan wisata Banten Lama. Masjid dengan desan bangunan bergaya campuran antara Hindu Jawa, Cina, dan Eropa ini telah berdiri sejak abad ke-15.

Lalu apa hubungannya antara “sulit membagi waktu” dengan Masjid Agung Banten?

Keunikan-Keunikan Masjid Agung Banten

Keunikan Pada Tiang dan Atapnya

Ternyata ada, lho. Tak hanya bisa memberikan pencerahan untukmu dengan nilai-nilai religi Islami, masjid agung banten ini ternyata menyimpan pesan rahasia tentang time management.

Masjid agung banten unik karena atapnya. Jika kamu masuk ke tempat wisata Masjid Agung Banten, kamu akan menemukan 24 tiang penyangga atap yang sangat unik. Tiang penyangga atap ini memiliki segi delapan yang sangat unik. Ternyata, desain tiang bangunan ini diadaptasi dari 24 jam waktu yang dimiliki oleh manusia dalam sehari.

Baca: Tak Cuma Buah, Taman Buah Mekarsari Juga Punya Rumah Pohon yang Unik Abis

Tiangnya yang didesain dengan segi delapan menandakan pembagian waktu manusia untuk menjalani kehidupan. Nilai dari 24 dibagi 8 adalah 3. Arsitek Masjid Agung Banten lama ini mengajarkan tentang pembagian waktu manusia menjadi 3 bagian besar dalam sehari.

8 jam yang pertama digunakan untuk beribadah, 8 jam yang kedua digunakan untuk bekerja atau belajar, dan 8 jam yang ketiga digunakan untuk beristirahat. Tidak ada satu pun yang boleh tertinggal. 24 jam sehari adalah waktu yang harus dimanfaatkan dengan seimbang.

Dengan adanya pembagian waktu seperti yang diajarkan melalui desain tiang penyangga atap Masjid Agung Banten, manusia dapat menggunakan waktunya dengan bijaksana. Tidak ada ceritanya lagi kamu merasa stres karena merasa kekurangan waktu dalam sehari. Melalui pengajaran nilai-nilai kehidupan dari Masjid Agung Serang Banten, kamu bisa lebih santai dan tenang dalam menjalani hidupmu.

Foto Masjid Agung Banten
Foto Masjid Agung Banten

Keunikan Pada Pintu Masuk

Tak hanya mengajarkan tentang pembagian waktu, keunikan lainnya dari Masjid Agung Serang Banten terletak di pintu masuknya yang didesain cukup rendah. Ternyata, desain yang seperti ini juga memiliki arti filosofis yang dapat dipelajari.

Desain pintu Masjid Agung Banten mengajarkan bahwa siapa pun yang masuk ke sini tidak boleh sombong. Meskipun yang berkunjung ke wisata Masjid Agung Serang Banten adalah pejabat tinggi, sebelum masuk ke dalam masjid,  siapa pun harus menunduk terlebih dahulu untuk menunjukkan kerendahan hati di hadapan Allah SWT.

Wisata Masjid Agung Serang Banten dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin, tokoh pendiri Kerajaan Banten. Masjid Agung Serang Banten dibangun di sebidang tanah yang disucikan. Petunjuk pembangunannya pun dilakukan setelah bermunajat kepada Allah. Di sini, pengunjung dapat beribadah, berziarah, atau melakukan aktivitas religius lainnya. Masjid Agung Serang Banten adalah tempat yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Lokasi Masjid Agung Banten

Alamat Masjid Agung Banten berada di kawasan Banten Lama, tepatnya di Jalan Banten Lama, Kasemen, Serang, Provinsi Banten. Jika ingin masuk ke kawasan wisata Masjid Agung Serang Banten, para pengunjung akan dikenakan biaya retribusi parkir sekitar Rp 5.000,- per orang.

Nah, kalau kamu ingin belajar tentang nilai filosofis Islam, mari berkunjung ke tempat wisata Masjid Agung Banten. Di sini ada banyak ilmu bermanfaat yang akan kamu temukan, termasuk tentang time management untuk pedoman hidupmu.

APA PENDAPATMU TENTANG ARTIKEL INI?