CATAT ! Inilah Daftar Lengkap Tempat Wisata di Jogja

0
261
Daftar Tempat Wisata di Jogja Lengkap
Daftar Tempat Wisata di Jogja Lengkap

Yogyakarta atau Joga merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia favorit bagi wisatawan lokal atau mancanegara sebagai destinasi liburan. Kota yang terkenal dengan gudeg dan pelajar ini punya banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, bahari, sejarah, budaya, hingga wisata kulinernya. Kalo kamu berencana berlibur ke jogja, nih berikut ini kumpulan daftar tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi.

Daftar Lengkap Tempat Wisata di Jogja

1. Puncak Becici

Tempat Wisata Puncak Becici

Puncak Becici adalah sebuah kawasan hutan lindung yang keberadaannya dikelola oleh RPH Mangunan. Tempat wisata di jogja yang satu ini punya banyak banget Spot wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya ialah pemandangan jajaran pohon pinus. Nggak cuma panorama keindahan hutan pinusnya aja lhoo, tetapi kamu juga bisa nikmatin indahnya pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Pemandangan kota yang menakjubkan, dijamin bakal buat pikiranmu tenang.

Kalau kamu penikmat senja, tempat wisata alam Puncak Becici ini pas banget deh untuk didatengin. Sebab, di sana terdapat gardu pandang yang dapat dinaiki setiap pengunjung agar bisa mendapatkan pemandangan yang terbaik. Ketika kamu berada di atas sana, jangan lupa ya siapin kamera untuk mengabadikan setiap momen indah di atas sana.

Adapun lokasi tempat wisata Puncak Becici ini berada di Lokasinya ada di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul.

2. Air Terjun Grojogan Sewu Jogja

Tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Nggak cuma di Jawa Tengah aja, jangan salah di Jogja pun ada lho Air Terjun Grojogan Sewu yang nggak kalah indahnya dengan Air Terjun Grojogan Sewu yang ada di Jawa tengah sana. Dinamakan Tempat wisata Air Terjun Grojogan Sewu, dikarenakan tempat wisata di jogja yang satu ini ada banyak banget jeram yang mesti dilalui air sebelum air itu jatuh ke kolam. Kondisi tersebut membuat air terjun ini kelihatannya seperti ada banyak air terjun yang terkumpul jadi satu.  Selain itu kalo lagi hujan, air terjun tempat wisata di jogja yang satu ini nggak bakal keruh.

3. Air Terjun Kedung Kandang

Tempat wisata Air Terjun Keding kandang adalah air terjun yang mempunyai tingkatan sebanyak 6 tingkat. Tempat wisata di jogja yang satu ini lokasinya ada di persawahan penduduk, sehingga membuat pemandangannya sangat alami, sejuk dan tentunya sangat menyegarkan pikiranmu.

Sebenarnya, tempat wisata di jogja yang satu ini adalah air terjun musiman. Mengapa demikian? Sebab air akan mengalir kalau pas musim hujan aja, kalau nggak lagi musim kemarau sama sekali nggak ada air yang mengalir. Jadi sangat disarankan datangnya pas musim hujan.

4. Air terjun Kedung Pedut

Tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut adalah air terjun yang diapit oleh 2 tebing berukuran tinggi. Tempat wisata di Jogja yang satu ini mempunyai air berwarna hijau toska yang bakal memanjakan setiap wisatawan yang datang. Ketika berada di sana, kamu bakal menemukan jembatan dari bambu yang dibuat oleh pengelola, tujuannya sebagai jalan agar wisatawan bisa melihat indahnya air terjun tampak dari depan. Nggak cuma itu aja, ada juga kolam alami yang siap menyegarkan tubuhmu. Di sekitar kolam, ada pula bangku yang terbuat dari bambu yang disengaja dibuat oleh pengelola sana untuk tempat istirahat wisatawan kalau capek bermain air.

5. Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun yang nggak kalah indah dan unik adalah Tempat wisata Air Terjun Luweng Sampang. Air terjun ini terletak di antara jepitan batu kapur yang punya keunikan tersendiri. Keunikan batuan itulah yang membuat tempat wisata di jogja yang satu ini populer beberapa tahun belakangan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata di jogja Air Terjun Luweng Sampang ini yaitu ketika musim hujan.

6. Air Terjun Sidoharjo

Tempat wisata Air terjun Sidoarjo mempunyai ketinggian sekitar 75 Meter. Letak tempat wisata di jogja ini cukup tersembunyi, karena itulah disebut juga sebagai air terjun perawan atau dengan kata lain tempat wisata di jogja yang jarang dikunjungi. Jika kamu ingin berlibur ke Air Terjun Sidoharjo, disarankan datang ketika musim hujan. Perpaduan derasnya debit air dan tebing batu cadas yang tinggi membuat air terjun tempat wisata di jogja ini semakin eksotis.

Tetapi beda cerita jika kamu berkunjung sewaktu musim kemarau. Jangan harap deh bisa menemukan aliran-aliran air terjun yang deras. Keindahan lain yang bisa kamu dapetin yaitu adanya bunga-bunga indah yang tumbuh liar. Apabila beruntung, kamu akan menemukan kera berekor panjang.

7. Air Terjun Randusari

Tempat wisata Air Terjun Randasuri awalnya dimanfaatkan warga sekitar sebagai sumber air bersih dan juga pengairan sawah. Tapi lambat laun, Air Terjun Randusari menjadi salah satu tempat wisata di jogja yang menarik untuk dikunjungi. Dulunya, penduduk sekitar menyebut tempat wisata di jogja ini dengan sebutan Air Terjun Ngrebih, tapi sekarang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Randusari dikarenakan terdapat pohon Randu Alas berukuran besar yang tumbuh subur di sekitar air terjun tersebut. Bagian bawah tempat wisata air terjun di jogja yang satu ini adalah sebuah kolam buatan yang dibuat oleh warga setempat dengan kedalaman mencapai 3 meter. Kamu bisa bebas berendam atau sekedar bermain air di sana.

8. Air Terjun Seribu Batu

Tempat wisata di jogja selanjutnya adalah Air Terjun Seribu Batu. Tempat wisata di jogja yang satu ini mempunyai ketinggian 5 – 8 meter. Debit air dari Tempat wisata Air terjun Seribu Batu terbilang cukup rendah. Tapi tenang aja, airnnya mengalir sepanjang tahun koq meskipun sedang musim kemarau. Satu hal yang paling penting, kondisi Air terjun seribu batu ini masih sangat alami.

Di tempat wisata di jogja ini terdapat kolam dengan kedalaman 1 meter. Di sana traveler bisa mandi atau hanya sekedar bermain air sesuka hati. Namun di sana belum terdapat kamar mandi umum sebagai fasilitas pendukung wisata. Tapi jangan khawatir, kamu bisa meminjam kamar mandi warga untuk berganti pakaian sehabis mandi di air terjun.

9. Air Terjun Setawing

Tempat wisata di jogja selanjutnya adalah air terjun setawing. Air terjun yang satu ini berasal dari kata “Se” yang mempunyai arti Satu dan “Tawing” mempunyai arti Tebing. Sesuai dengan penamaannya, di tempat wisata Air Terjun Setawing ini terdapat sebuah tebing dengan ketinggian 18 – 20 meter. Berkunjung ke tempat wisata di jogja yang satu ini dijamin nggak bakal nyesel sama sekali. Air terjunnya cantik dipadukan dengan batuan tebing yang berwarna keemasan siap membuatmu takjub ketika melihatnya. Nggak cuma itu aja, di sekitar air terjun pun terdapat taman yang dibuat dengan konsep pedesaan. Perpaduan air terjun dan taman tersebut akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

10. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul ini disebut-sebut mempunyai kemiripan dengan tempat wisata di Amerika Serikat yang begitu terkenal, yaitu Grand Canyon Arizona.

Keindahan tempat wisata di jogja yang satu ini nggak diragukan lagi. Air Terjun Sri Gethuk diapit oleh tebing-tebing dengan ketinggian 50 meter. Yang paling unik dari tempat wisata di jogja ini yaitu air yang mengalir dari atas nggak pernah berkurang meskipun sedang musim kemarau. Jadi, kamu bisa berkunjung kapan saja yang kamu mau.

11. Air Terjun Tlogo Muncar

Tempat wisata air terjun Tlogo Muncar dikenal juga dengan nama Air Terjun Kaliurang. Salah satu tempat wisata di jogja yang satu ini mempunyai ketinggian 30 – 40 Meter serta berada sekitar 878 meter di atas permukaan laut, sehingga di tempat wisata di jogja ini mempunyai suhu antara 20 – 25 derajat celcius. Sumber air dari air terjun Tlogo Muncar ini berasal dari lereng Bukit Plawangan. Waktu terbaik untuk berlibur ke Air Terjun Tlogo Muncar adalah ketika musim penghujan, sebab air terjun akan begitu deras dan terlihat cantik. Sebaliknya, apabila berkunjung ketika musim kemarau, maka aliran air nggak begitu deras atau bahkan nggak ada sama sekali.

12. Air Terjun Tuwondo

Tempat wisata di jogja selanjutnya adalah Air Terjun Tuwondo. Tempat wisata di jogja yang satu ini termasuk salah satu tempat wisata air terjun di jogja yang wajib kamu kunjungi.  Mengapa tidak, sebab air terjun ini mempunyai tingkat seperti anak tangga. Adapun arti dari Tempat wisata Tuwondo sendiri berasal dari kata “Tu” dan “Wondo”.  “Tu” adalah Watu atau Batu, sedangkan “Ondo” adalah tangga. Air terjun tuwondo termasuk salah satu tempat wisata di jogja yang musiman, di mana akan ramai dikunjungi jika pada musim penghujan saja.

13. Alun-Alun Gunung Kidul

Buat kamu yang mencari lokasi nongkrong di jogja ketika malam hari datanglah ke Alun-alun Kidul. Tempat wisata di jogja yang satu ini letaknya nggak jauh dari halaman belakang Keraton Yogyakarta. Alun-alun idul menjadi sebuah tempat di jogja untuk bercengkerama dan lokasi hangout baik itu warga jogja, wisatawan lokal hingga mancanegara.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke tempat wisata di jogja yang satu ini, di antaranya adalah menikmati wedang ronde yang bisa menghangatkan tubuhmu dari dinginnya cuaca di sana, mengelilingi alun-alun jogja dengan odong-odong, sampai mencoba sebuah permainan unik, yaitu kamu berjalan dengan mata tertutup dan harus melawati tengah-tengah pohon beringin legendaris yang ada di sana.

14. Baron Technopark Gunung Kidul

Baron Technopark adalah sebuah taman teknologi yang dikembangkan oleh BPPT atau Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi sejak tahun 2010. Baron Technopark adalah sebuah tempat wisata edukasi.

Banyak hal yang bisa kamu pelajari dan temukan di tempat wisata di jogja yang satu ini, di antaranya menara kincir angin, solar panel, pembibitan tanaman energi dan masih banyak lagi. Akan tetapi, salah satu yang paling menarik wisatawan di tempat wisata di jogja yang satu ini yaitu Jam Matahari. Objek ini bentuknya sederhana sekali, yakni hanya sebuah lingkaran, angka Romawi serta tugu miring yang berfungi sebagai jarum jamnya.

15. Batu Alien Cangkringan

Tempat wisata yang wajib kamu kunjungi sewaktu berada di Cangkiran yaitu kawasan wisata Batu Alien. Berkunjung ke tempat wisata di jogja yang satu ini kamu akan menemukan bongkahan batu berukuran besar menyerupai Alien. Keberadaan batu tersebut akibat erupsi gunung Merapi yang terjadi sekitar tahun 2010.

Batu tersebut mempunyai tekstur wajah lengkap, seperti adanya kedua mata, mulut, hidung dan telinga. Jika dilihat secara sekilas, batu ini tampak seperti makhluk asing. Bagaimana, tertarik pergi ke tempat wisata di jogja yang satu ini?

16. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah tempat wisata di jogja berupa peninggalan Kolonial Belanda sewaktu menjajah Indonesia. Benteng ini mempunyai nilai hostori yang panjang, maka tidak heran jika Benteng Vredeburg masih bertahan dan terkenal sebagai tempat wisata di jogja.

Kini, Benteng Vredeburg dijadikan sebuah museum yang di dalamnya ada sejumlah karya seni, patung dan bermacam senjata peninggalan jaman Belanda dahulu kala. Ketika kamu memasuki tempat wisata di jogja yang satu ini, kamu akan merasa seolah-olah berada di Zaman Belanda dengan arsitektur bergaya Eropa.

17. Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon sebenarnya bukanlah nama resmi dari tempat wisata di jogja yang satu ini, dan nama resminya sendiri adalah Pemandian Tirta Budi. Tempat wisata di jogja yang satu ini terkenal dengan warna airnya yang biru dan jernih. Kamu dapat bermain air sesukanya, jernih dan segarnya air akan membuatmu segar dan ingin berlama-lama di sana. Blue Lagoon jogja mempunyai air terjun dengan Katingan setinggi 3 meter.

18. Bukit Bego Imogiri

Tempat wisata di jogja selanjutnya adalah bukit Bego. Nama “Bego” sendiri berasal dari bahasa masyarakat sekitar yang di ambil dari Alat Berat, yakni Bego ataupun Beko. Sebelum menjadi sebuah tempat wisata di Jogja, dahulunya Bukit Bego ini hanyalah bukit dengan bebatuan cadas. Maka tidak heran kalau ada banyak Beko di area tersebut yang bertujuan untuk mengulik bebatuan cadas yang ada di sana.

Di bukit Bego atau di tempat wisata di jogja yang satu ini, kamu bisa melihat indahnya panorama alam. Jika cuaca cerah, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, desa-desa sekitar bukit serta hijaunya pepohonan yang akan menyejukkan matamu. Selain itu, dari atas tempat wisata di jogja ini pun travller bisa melihat makam Imogiri.

19. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang adalah salah satu tempat nongkrong di jogja. Lokasi tempat wisata di jogja yang satu ini berada di perbatasan Bantul dengan Gunungkidul. Ketika berkunjung ke Bukit Bintang saat malam hari, kamu akan melihat taburan bintang. Tetapi taburan bintang yang dimaksud ini bukan bintang yang ada di langit ya, melainkan kemerlip lampu kota jogja dari ketinggian.

Nggak cuma itu aja, berkunjung ke tempat wisata di jogja yang satu ini pun kamu bisa melihat Landskap Gunung Merapi Merbabu serta Landing ataupun Take Off pesawat di Bandara Adisutjipto. Dan bahkan jika beruntung, kamu bisa melihat Sunset.

20. Bukit Cendana

Tempat wisata di jogja ini memberikan pemandangan alam yang hijau dan juga asri dari Yogyakarta. Keindahan pohon cendana serta Waduk Sermo bisa kamu lihat dari atas bukit ini. Nggak cuma itu aja, suhu udaranya yang sejuk, pemandangan alam yang hijau dan kondisi lokasi yang masih semi akan membuatmu betah untuk berlama-lama di Bukit Cendana Jogja.

Hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di sana yaitu duduk santai sembari menikmati eloknya perbukitan Kulonprogo. Buat kamu yang hobi foto, bukit cendana ini bisa di jadiin background. Dijamin koleksi foto-fotomu akan lebih ciamik.

21. Bukit Isis Kulon Progo

Namanya mungkin agak terdengar aneh di telinga, tapi kalo lo orang Jawa pasti paham apa artinya. “Ngisis”, dalam bahasa Jawa punya arti Menyejukkan Diri. Tapi enggak cuma itu aja, bisa juga di artikan sebagai Mencari Angin yang Semilir.

Sewaktu ada di atas bukit tempat wisata di jogja yang satu ini, kamu bakal ngerasain sensasi udara yang segar dan sejuk khas pegunungan, menikmati indahnya pemandangan hamparan Kebun Teh Nglinngo dan Kulonprogo dari kejauhan.

Tiket masuk ke tempat wisata di jogja yang satu ini cukup murah, kamu hanya membayar Rp 3.000,- saja. Sedangkan biaya parkir Rp 5.000,- untuk mobil dan Rp 2.000,- untuk motor.

22. Bukit Jangkang

Bukit Jangkang adalah tempat wisata alam baru di jogja yang lokasinya di atas sebuah bukit. Di bukit itu ada pohon Jangkang, dari itulah dijadikan nama bukit tersebut. yang menarik dari tempat wisata di jogja yang satu ini adalah kamu bakal disuguhkan dengan pemandangan lanscap waduk sermu yang terbentang luas. Pemandangan itu pula yang menjadi daya tarik dari Bukit Jangkang ini. Kalau kamu berkunjung ke sana, jangan lupa ya siapin kamera dan selfie sebanyak mungkin.

23. Bukit Kali Kuning

Tempat wisata kali kuning menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah seperti pegunungan, sungai dengan air yang jernih, pepohonan yang tinggi, dan udara segar khas pegunungan. Nggak cuma itu aja, bagi para pecinta Climbers di tempat wisata di jogja yang satu ini ada tebing Andesit yang megah. Tempat wisata Bukit Kali Kuning sangat cocok dikunjungi untuk kegiatan Camping atau Outbond.

24. Bukit Klangon

Tempat wisata di jogja yang satu ini dioperasikan setelah kejadian erupsi Gunung Merapi. Lebih tepatnya dibangun, dikembangkan dan di buka pada tahun 2011. Ketika berkunjung ke sana, kamu akan menemukan gardu pandang terbuat dari kayu. Ketika berada di atas gardu pandang, kamu akan melihat Gunung Merapi yang terlihat begitu nyata.

Dulunya, tempat wisata di jogja yang satu ini digunakan sebagai tempatnya pecinta olahraga Downhill. Nggak cuma itu aja lho, Bukit Klangon pun rutin banget nyelenggarain event kejuaraan sepeda untuk tingkat Regional atau Nasional. Satu hal yang paling penting, Bukit Kalong saat ini menjadi satu-satunya lintasan Downhill terbaik di jogja.

25. Bukit Kosakora

Ketinggian tempat wisata Bukit Kosakora sekitar 50Mdpl. Meskipun nggak terlalu tinggi, tapi jamin kamu gak bakal kecewa dengan pemandangan yang di lihat dari atas bukit ini. Tempat wisata di jogja yang satu ini punya pemandangan alam dan pantai yang indah, serta merupakan tempat selfie yang selalu diburu oleh anak muda.

Awal mula kepopuleran tempat wisata di jogja yang satu ini bermula ketika salah satu traveller gak sengaja berkunjung ke bukit kosakora. Keindahan alam yang di miliki oleh tempat wisata di jogja ini kemudian diabadikan lalu di tunggak ke Social Media miliknya. Karena hal itulah banyak orang yang penasaran akan panorama alamnya dan pada akhirnya berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata di jogja yang satu ini.

26. Bukit Lintang Sewu

Lokasinya yang nggak jauh dari Hutan Pinus mangunan, membuat tempat wisata di jogja yang satu ini cepat populer di kalangan wisatawan terutama yang hobi berfoto. Sebab, tempat wisata Bukit Lintang Sewu ini punya pemandangan alam yang keindahannya nggak diragukan lagi. Jika datang di kala senja, kamu akan disuguhkan cantiknya sunset yang terlihat di balik perbukitan.

Nama Bukit Lintang Sewu ini diambil dari bahasa Jawa, yang berarti “Bukit Seribu Bintang”. Nggak cuma bisa melihat indahnya sunset, tapi juga kamu bisa melihat keindahan kerlap-kerlip bintang. Namun bukan bintang yang ada di langit ya, melainkan kerlap-kerlip lampu kota sewaktu malam hari. Hemmm tempat wisata di jogja ini sekilas mirip seperti Bukit Bintang yang ada di Gunung Kidul ya Traveller?

APA PENDAPATMU TENTANG ARTIKEL INI?