Bener Gak Sih “Tanda Putih di Kuku” Tandanya Ada yang Naksir Sama Kita?

0
95
Tanda putih di kuku
image: Businessinsider.com

Tanda putih di kuku menandakan ada yang naksir sama kita? Sebagian orang mungkin menganggapnya seperti itu, dan sebagian lagi ada yang menganggapnya hanyalah sekedar mitos belaka.

Terus mana nih yang bener, arti tanda putih di kuku memang beneran ada yang naksir atau cuma sekedar mitos aja? Daripada lo penasaran, mending baca artikel ini sampe abis.

Apa itu tanda putih di kuku?

Dalam dunia media, adanya tanda putih di kuku merupakan sebuah fenomena yang dinamakan Leukonychia. Meski namanya terlihat seperti penyakit yang berbahaya, namun tenang aja kondisi seperti ini enggak terlalu berbahaya bagi kesehatan.

Dalam dunia medis, ada beberapa jenis leukonychia, dan berikut beberapa jenis leukonychia yang dapat lo ketahui sebagai pengetahuan tambahan, antara lain:

  1. leukonychia totalis

kondisi leukonychia totalis terjadi bila tanda putih menyerang ke seluruh bagian kuku. Penyebab kondisi ini biasanya karena akibat penyakit tertentu. Maka kondisi seperti ini harus segera mendapatkan perhatian medis.

  1. leukonychia Punctata

kondisi jenis ini adalah kondisi yang sering kita jumpai atau bahkan kita alami sendiri, dimana muncul bintik atau garis kecil putih di kuku.

  1. Leukonychia striata

Leukonychia jenis terakhir ini terjadi apabila bintik putih pada kuku nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku.

Penyebab tanda putih di kuku

Penyebab adanya tanda putih di kuku yaitu karena terjadinya trauma ringan atau terjadi cedera pada kuku yang sedang tumbuh. Ketika menjalani aktivitas sehari-hari banyak orang termasuk kita pasti enggak akan sadar adanya cedera pada kuku kita, entah itu terjadi pada 2 hari yang lalu, 1 minggu yang lalu dan lainnya. Karena adanya cedera itulah pada akhirnya muncul tanda putih di kuku.

Tanda Putih di Kuku
Tanda Putih di Kuku

Penyebab lain mungkin terjadinya infeksi ringan, bisa jadi karena alergi atau karena efek samping dari pengobatan tertentu. Saat lo dalam masa penyembuhan dan mengonsumsi obat-obatan, biasanya disaat itulah tanda putih muncul. Ini hanya reaksi obat-obatan yang lo konsumsi.

Jika tanda putih hanya muncul satu titik atau beberapa titik di kuku lo,  maka lo nggak usah khawatir, tapi jika tanda itu muncul banyak di kuku atau bahkan mengenai kesemua bagian kuku, maka harus perlu ke dokter, karena bisa saja ada sesuatu yang serius yang sedang terjadi pada diri lo seperti penurunan fungsi ginjal, anemia, atau bahkan diabetes. Tapi meskipun kuku lo terlihat cantik atau tidak ada bintik putih bukan berarti kesehatan lo dalam keadaan baik-baik saja ya. Sebab kuku yang cantik bukan menjadi patokan seseorang dalam keadaan sehat atau enggaknya.

Kesimpulan

Anggapan kalau ada tanda putih di kuku itu ada yang naksir ternyata hanya mitos belaka aja. Tanda putih di kuku menandakan bahwa kuku lo dalam keadaan cedera. Jadi, mulailah saat ini perhatikan kesehatan kuku.

Pengen punya kuku yang sehat itu enggak mahal koq, gak perlu tuh yang namanya pedicure atau mnaicure. Cukup konsumsi aja makanan mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kuku, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain lebih murah dan gampang dicari, buah dan sayur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan anggota tubuh lainnya.

APA PENDAPATMU TENTANG ARTIKEL INI?